MyRaffaell Blog

demo

Tentang bermain game


Sampai sekarang aku masih bermain game, aku mulai bermain game mulai dari kelas 1 SD. Mega drive lalu Nintendo adalah game konsol yang pernah aku punya, kemudian aku beralih ke komputer, dengan komputer juga aku masih bermain game. Jadi hidup ini selalu diselingi dengan game.

Percaya ato ngga, game itu memberi efek sendiri, baik dalam perkembangan otak maupun cara berfikir bahkan ada yang mampu merubah karakter kalau terlalu serius (mungkin saja) tapi yang jelas bermain game itu punya efek positif dan juga efek negatif.

Efek positif bermain game itu setidaknya dapat membuat mental kita selalu aktif. Artikel ini di rilis oleh BBC mengenai bermain game, dimana pada tahun ini diperkirakan wanita akan lebih mendominasi menjadi pemain game dibandingkan dengan pria.  Terbukti salah satu seorang nene dari UK, Hilda yang sampe sekarang masih asik main game :)dan menurut dia, dengan bermain game dia menjadi lebih bersemangat hidup :)yang kira kira umurnya kini 80 taunan.

Efek bermain game ini juga tentu saja selain dapat menambah pengetahuan, juga dapat merangsang otak untuk berfikir. Misalnya, kalau kita sering main counter strike, at least kita bisa tau jenis jenis rifle seperti AK-47, SMG, dan DEagle, mengatur strategi perang, menggunakan senjata pada tempat yang sesuai dan sebagainya.

Lain lagi kalau kita suka memainkan game strategi, anggaplah civilization, dari game tersebut kita bisa mengetahui perkembangan zaman, ideologi, teknologi, dan efek dari penerapan ideologi tersebut seolah olah dapat disimulasikan. Misalnya bagaimana ditemukanya bubuk mesiu, bagaimana ditemukanya senjata api, bagaimana di terapkanya demokrasi. Semua itu terpapar jelas di dalam game tersebut.

Lain dengan game flight simulator, dengan bermain game ini, kita bukan saja dapat mengetahui instrumen pesawat, kita bahkan dapat mengetahui cara menerbangkan pesawat terbang!

Lain lagi dengan game game real time strategi dan juga sci-fi, sarat akan taktis dan kombinasi kecepatan kontrol. Memang ngga ada pengetahuan, tapi game game seperti ini melahirkan strategi baru ataupun taktis untuk memainkan dan memenangkan game ini, bisa mulai dari ekonomi, hingga kemampuan mengontrol unit dalam ukuran mikro.

Ada juga efek negatif nya.

Efek negatif bermain game adalah kita jadi malas, kurang peka dengan lingkungan, dan pastinya lebih suka menyendiri. Hal ini terjadi khusus nya ketika kita sudah terlalu “into” it dengan game tersebut. Game game yang jenis begini misalnya game game RPG, memiliki alur jalan cerita yang unik, layaknya novel, pemain game merasa nikmat dan merasa perlu menyelesaikan game ini, hingga lupa waktu. Disatu sisi mungkin ngga banyak pengetahuan yang ada didalam game tersebut, apalagi kalo game nya genre nya sci-fi. Bukan berarti jenis game lain tidak akan seperti ini, bisa saja, karena hal itu tergantung individu masing masing, seberapa mampu kita mengendalikan diri :).

Bermain game dengan genre first person shooter juga memiliki potensi negatif, apalagi kalau game tersebut bersifat sadis, misalnya mengajarkan membunuh secara silent, bertarung dengan sadis, dan menghabisi musuh dengan cara yang sadis, sedikit banyak akan merubah perilaku kita kalau terlalu sering bermain game seperti ini (menurutku yah, bener apa nggak nya mohon dikoreksi). Dulu aku pernah melihat teman saat dia akan menghabisi musuh nya, ketika musuh nya sekarat hampir mati, dibiarkan saja, dan dia mengelak elak dari serangan musuh yang sudah tak berdaya tersebut, seolah olah sedang main main :(

Jadi inget temen dikantor dulu, kalo lagi stress dengan tekanan pekerjaan, permasalahan pribadi, dan hambatan lainya, dia langsung bermain game GTA, dan membunuh semua orang yang lewat, sampai dikejar2 polisi dan akhirnya dia mati…  Cara itu dilakukan untuk menyalurkan stress nya :)

Game so so…

Ada juga game game yang so so… ngga terlalu baik dan ngga terlalu jelek, dan juga nggak terlalu menghabiskan waktu, game ini biasanya yang ber genre arcade, sports, dan mini game lainya. Kaya tetris, balapan, menyamakan warna,  bola, dan sebagainya, biasanya game ini cepat bosan, tapi tidak bosan kalau dimainkan berulang ulang dan bersama teman.

Memilih game untuk anak

Aku personally lebih menyukai game yang memiliki karakter strategi, karena memang banyak menambah pengetahuan, sayang nya game game ini tergolong game yang lama untuk dimainkan, jadi cukup menghabiskan waktu. Misalnya civilization, atau bahkan yang tradisional, transport tycoon deluxe, sampai sekarang masih mau main! game ini memiliki durasi yang sangat lama untuk di mainkan ataupun untuk di selesaikan, apalagi kalau permainan nya sudah bersifat online, dimana game tersebut akan semakin seru, karena ada interaksi manusia lainya yang ikut berpartisipasi.

Memilih kan game untuk anak mungkin sebaiknya game game yang bersifat ketangkasan, dan game game ini termasuk dalam genre arcade jika anak masih kecil dan belum remaja. Tidak terlalu dalam ceritanya, simple mampu melatih kreativitas dan juga melatih ketangkasan. Misalnya mario bros, ada sisi petualanganya sedikit, tetapi pada dasarnya dia hanya berjalan mengumpulkan koin dan bintang :), mencari jalan keluar puzzle, mengingat peta lokasi hingga akhirnya sampai akhir tujuan. Game game yang memiliki puzzle, juga cukup menarik untuk dimainkan karena akan melatih daya ingat.

Game game yang berbau First person shooter (game yang keliatan tangan doang) perlu di teliti karakteristik game ini misalnya dengan mempertimbangkan, tingkat ke sadisan nya, tingkat realistik dan memiliki nilai manfaat kenapa tidak ? Misalnya game saat di perang dunia, sedikit banyak selain kita merasakan ikutan perang, kita tau jalanya cerita perang itu seperti apa :), ada juga game halo, tentang luar angksa, alien, dan perang melawan invasi alien, nah ini perlu disikapi, apakah ini bagus ?

Game game yang berbau sadis, sebaiknya hindari aja deh, aku dulu pernah liat ada anak yang suguhin game god of war, padahal belum sekolah, hebatnya anaknya sangat menikmati banget, “membantai” monster monster. Dan ada juga beberapa adegan SEX nya yang menurutku kok rasanya nggak banget ya.

Ada juga game arcade yang memiliki efek negatif, misalnya saja game balapan destruction derby. Game ini mengharuskan kita menghancurkan mobil musuh dengan cara menghantam mobil tersebut sampai hancur :). Ada juga game armageddon, dimana kita harus membantai manusia manusia zombie di jalanan untuk mendapatkan poin :)

Game balap yang lebih realistik mungkin lebih baik untuk kita, balapan di track balapan, kalau menang bisa upgrade mesin, membuat mobil kita lebih cepat, ini lebih baik.

Bagaimana cara mengetahui game ini baik atau tidak ?

  1. Gunakan google untuk melihat review game tersebut, dan lihat rating game tersebut.
  2. Mainkan dulu game nya sendiri, dan rasakan kira kira cocok ngga buat anak.
  3.  Jangan main beli, download dan install untuk anak sebelum melakukan langkah 1 dan 2.

Sebelumnya aku main game apa  ?

Berikut adalah beberapa game yang pernah aku mainin dan bagus menurutku.

  • SimCity
  • Civilization
  • Age of Empire
  • Transport tycoon deluxe
  • Sim Hospital / tycoon hospital
  • Need for speed
  • Pro evolution Soccer

Game apa yang aku maenin sekarang ?

  • Starcraft II
  • Warcraft III – Dota
  • Diablo III

Game ini kan sci-fi semua, kenapa tertarik untuk dimainkan ?

Well, aku mengagumi sci-fi karena imajinasinya, sedangkan aku menyukai genre strategi karena memaksa otak untuk melakukan kreativitas untuk mencari solusi. Menurutku hal ini terbawa dalam lingkungan kerja, dimana aku selalu menemukan langkah yang beda untuk menyelesaikan suatu masalah yang menurutku langkah yang aku punya itu langkah yang paling efektif.

Diablo III kan bukan strategi ?

Ya betul, sebetulnya aku menyukai jalan ceritanya saja, dan ketika game nya sudah tamat, rasa bosan memainkan game ini sudah cukup besar. Namun ada nilai tambahan yang membuat aku masih mau main game ini, Blizzard memberikan level yang semakin sulit disetiap tingkatan game nya, hal ini memerlukan kita untuk menjadikan karakter kita lebih kuat. Karena semakin tinggi, semakin kuat musuh dan monster nya, dan kadang kita perlu mengolah otak, kesabaran untuk membangun karakter yang kita mainkan agar lebih kuat.

Awalnya kita mainya slash and kill, ketika peralatan yang kita miliki sangat minim dan terbatas, lama lama kita harus perhatikan jarak nya, mengatur pergerakan, mengatur timing, dan juga konsentrasi, sehingga 2 aspek ini menimbulkan rasa untuk mau terus memain kan game nya. Ditambah lagi, Diablo III memiliki 4 jenis karakteristik karakter.

Sampai saat ini aku baru punya 2 karakter :)

Lebih suka game PC atau konsol ?

Game PC memberikan efek yang lebih banyak, karena saat memainkan game PC ada banyak aspek yang harus diperhatikan, khsusus nya PC itu sendiri, apakah spek nya kurang, ataukah tingkat komputasinya memadai atau tidak. Jeleknya BOROS!

Game Console lebih bisa memfokuskan pada game tersebut, sayang nya untuk genre game strategi sangat kurang di konsol :(

Game aku dengan mantan pacar (extra)

Main game itu asik apalagi kalo lagi bengong. Dulu dengan mantan pacar, kita suka main puzzle bobble yang versi deadmatch, game ini dimainkan dengan menggunakan emulator dari game arcade. Game nya sangat seru dan menarik dimana kita bisa bertanding satu sama lain memecahkan bubble terbanyak.

Kalau lagi di ding-dong, kita suka maen Nascar racing, atau gak yang shooting itu, haduh lupa judulnya, just for fun biasanya sambil nunggu pintu bioskop dibuka.

Kita juga suka main game tetris yang deadmatch, dimana kalau dapat strike 6 level lawan kita akan ketimpa extra blok. Selain itu kita juga suka bermain pesawat, tapi jarang kalo yang satu ini. Pernah juga kita maen motoGP :)

Kita juga suka main game online! game favorit kita dulu adalah GunBound. Game ini cukup menarik, karena kita harus menghitung sudut koordinat, kecepatan angin dan kekuatan tembak kendaraan yang kita pilih. Masing masing kendaraan memiliki karakteristik sendiri sendiri. Jadi ingat dulu kita sampai begadang cuman buat main gunbound ini, eh tiba tiba udah pagi aje. Yang menarik dari game ini adalah saat first shoot, kita harus menggunakan insting kita seberapa tepat kita nembak musuh. Sampe sampe jadi apal, kalo angin segini, musuh jarak segini, berarti sudutnya segini dengan kekuatan tembak segini, halah! Hahahaha.

Begitulah lika liku game dalam kehidupanku. Bagaimana dengan kalian ?

comments powered by Disqus